Diklat KKN 2023: Memperkuat Arti Kolaborasi Agar Desa Berinovasi

Diklat KKN Unisda 2023: Memperkuat Arti Kolaborasi Agar Desa Berinovasi

Lamongannews, unisda.ac.id – Dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Darul `Ulum (Unisda) Lamongan pada Tahun 2023, sebuah program diklat telah diadakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam penguatan arti kolaborasi KKN yang bertemakan “Unisda Berkontribusi, Desa Berinovasi”. Peserta KKN tahun ini akan mengikuti diklat selama satu hari penuh di tiga gedung berbeda di kampus Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan pada tanggal 27 Juni 2023.

Lebih dari 500 peserta KKN dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di Unisda berkumpul di Aula Rektorat Lantai 3, Aula Fakultas Ekonomi Lantai 3 dan Aula Pascasarjana untuk mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh panitia KKN. Diklat ini bertujuan untuk memberikan persiapan yang baik bagi peserta dalam melaksanakan program KKN di berbagai desa yang telah dipilih. KKN tahun ini berada di 15 Desa di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, 9 Desa di Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan, 1 Desa di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik dan 1 Kelompok Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Diklat ini melibatkan serangkaian sesi yang terdiri dari seminar, pre-test, post-test, simulasi, dan diakhiri dengan diskusi kelompok. Para peserta diajarkan tentang berbagai aspek yang terkait dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti pengembangan masyarakat, kewirausahaan, lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Selain itu, mereka juga mempelajari keterampilan penting seperti manajemen proyek, komunikasi efektif, dan kepemimpinan.

Bapak Dr. Sauqi Futaqi, M.Pd.I selaku ketua panitia KKN tahun ini menyampaikan, “Diklat ini merupakan langkah awal yang penting bagi peserta KKN dalam mempersiapkan diri mereka sebagai agent of change dalam masyarakat. Kami berharap peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama diklat ini dengan baik saat melaksanakan tugas KKN mereka di desa-desa yang menjadi lokasi penempatan.”

Setelah menyelesaikan diklat, peserta KKN merasa sangat termotivasi dan siap untuk melaksanakan program KKN mereka di masyarakat. Mereka menyadari pentingnya peran mereka dalam pembangunan dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik mereka.

Dalam beberapa hari ke depan, peserta KKN akan ditempatkan di berbagai desa dan wilayah di seluruh Indonesia, di mana mereka akan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk berkolaborasi dengan masyarakat guna mewujudkan desa yang berinovasi.Topik yang dipilih telah didiskusikan terlebih dahulu dengan Dosen Pembimbing Lapangan bersama kepala desa berdasarkann potensi dan kondisi riil desa.

Sementara itu, rektor Unisda menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Nyata adalah bagian integral dari pendidikan tinggi yang kita berikan di Unisda. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh di kampus dan menghubungkannya dengan kebutuhan riil di masyarakat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *