KKN TEMATIK COVID 19 UNISDA 2020

KKN TEMATIK COVID 19 UNISDA 2020

Posted on by lppm

Pembukaan KKN Tematik covid 19 secara simbolik SUKSES dan LANCAR

PEMDA LAMONGAN DUKUNG KKN TEMATIK COVID-19 UNISDA LAMONGAN

                        

    Bertempat di ruang rapat Airlangga Pemda Lamongan, pada tanggal 5 Agustus 2020, pelaksanaan pembukaan KKN Tematik covid-19 universitas Islam darul ulum Lamongan telah sukses digelar. Acara yang berlangsung cukup hikmah tadi semestinya dihadiri oleh pejabat pemerintah daerah, yakni bupati beserta jajaranya, namun karena ada kegiatan yang bersamaan sehingga proses pelaksanaan delegasikan oleh kepala Bappeda Lamongan bapak Faiz Junaidi, SP, MP.

        Pembukaan KKN tematik covid 19 ini dilaksanakan secara simbolis melalui perwakilan masing-masing fakultas, dosen pendamping lapangan (DPL), panitia serta segenap pimpinan rektorat dengan tujuan untuk memberitahukan bahwa kampus unisda telah melaksanakan kegiatan Tri dharma perguruan tinggi yakni dalam bentuk program KKN tematik covid-19 di desa masing-masing yang tersebar di empat kabupaten, wilayah bahkan hingga di luar negeri, dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker pencuci tangan jaga jarak dan dan mengurangi kegiatan yang menimbulkan banyak kerumunan massa, kata bapak Choirul Anam ketua LPPM sekaligus ketua panitia KKN tahun 2020.

        Dalam kesempatan yang sama rektor unisda Lamongan, ibu Hj. Ainul Masruroh dalam sambutannya menegas-kan bahwa di masanya normal perguruan tinggi dituntut untuk bisa beradaptasi sesuai kebutuhan secara cepat, oleh karenanya beberapa kebijakan dan program terkait dengan teknis pelaksanaan KKN tematik covid-19 ini pun disesuaikan dengan kondisi protokol kesehatan, mulai dari pembekalan yang dilakukan secara virtual melalui beberapa media daring seperti zoom, YouTube dan sebagainya, maka dalam laporan peserta KKN pun dilakukan juga secara mandiri dan virtual melalui aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem siakad unisda dalam pengawasan dan bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL).

        Implementasi dari pada Tri dharma perguruan tinggi tidak hanya cukup pada proses pendidikan atau peng ajaran saja namun juga pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka KKN ini mencoba memberikan pengalaman serta penguatan mental para peserta untuk bisa terjun langsung di dalam masyarakat dan mengabdikan dalam beberapa program pemberdayaan baik di bidang pendidikan, ekonomi, pertanian, sosial atau budaya. Maka sangat diperlukan hubungan yang baik antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi untuk mengakomodir beberapa kegiatan yang bisa diintegrasikan, bahkan temuan dari mahasiswa KKN ini juga sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan rumusan serta kebijakan di pemda Lamongan, imbuh ibu Ainul Masruroh.

           Melalui kepala Bappeda, bapak Faiz Junaidi, Bupati Lamongan memberikan pesan bahwa sektor industri pemerintah kabupaten Lamongan mengalami perkembangan yang sangat pesat, oleh karena itu akan banyak membutuhkan tenaga kerja profesional yang linier dalam bidangnya, maka KKN sarana guna memetakan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat,potensi-potensi yang ada di beberapa daerah serta sebuah rekomendasi dari hasil pengabdian untuk bisa menjadi rujukan serta pembanding dalam penetapan program-program pemerintah daerah ke depan yang lebih produktif agar bisa menjadi prioritas.

          Maka sesuai dengan amanah dari panitia KKN unisda tahun 2000, atas nama bupati Lamongan, bapak Faiz Junaidi membuka program KKN tematik covid-19 unisda Lamongan secara simbolis dengan memakaikan jaket kepada peserta KKN yang terpilih, dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari rektor unisda Lamongan ke Pemda Lamongan serta pemakaian jas panitia KKN kepada pihak Pemda Lamongan yang syarat makna.

          Dan terakhir kepada para peserta KKN, ia berpesan agar bisa menjadi media yang menghubungkan dengan lintas masyarakat bahwa wabah covid-19 itu bukan hanya sekedar isu buatan namun fakta dan nyata, bapak Faiz juga menambahkan agar dalam beberapa kesempatan terus mengedukasi masyarakat dengan mempertimbangkan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak serta tidak berkerumun dengan jumlah massa yang banyak, tak lupa ia juga mendoakan agar pelaksanaan KKN dari tanggal 5 sampai 26 Agustus 2020 berjalan dengan lancar, sukses dan diberikan perlindungan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. (Humas KKN)

Selengkapnya kegiatan  Https://youtu.be/chOFk3t6Plc

PANDUAN

Download Buku Panduan KKN 2020 Unisda

Download Materi Diklat DPL KKN 2020 Unisda

Download Instrumen Evaluasi KKN 2020 Unisda

Download Templet Artikel  2020 Unisda

D0wnload Buku Pedoman PKM Mahasiswa 2020

D0wnload Sistematika Penulisan Proposal PKM Untuk Dosen

D0wnload Buku Pedoman PKMM 2020

D0wnload Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Revisi

 

 Pentupan KKN Tematik covid 19 UNISDA di PEMDA BOJONEGORO

PEMDA BOJONEGORO APRESIASI KEGIATAN KKN MAHASISWA UNISDA LAMONGAN

  Berada di ruang kreatif room gedung Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro lantai 6 penutupan KKN tematik covid-19 Universitas Islam Darul ‘ulum Lamongan sukses dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Penerimaan rombongan tim unisda di pemda Bojonegoro merupakan bentuk apresiasi atas kegiatan dan program yang telah dilakukan peserta KKN, dan tentunya hal ini juga merupakan wujud harmonisasi antara lembaga perguruan tinggi dengan pemerintah daerah yang harus tetap dijaga guna aktualisasi pendidikan dan pengetahuan lulusan unisda antara teoritis akademis dan praktik di tengah masyarakat.

             Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, tertulis bahwa proses belajar mengajar yang biasanya tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Dengan begitu, sistem pembelajaran baik yang di dalam kelas maupun di luar kelas diubah menjadi daring semua. Sebagai perguruan tinggi yang ada di provinsi Jawa Timur, maka Universitas Islam Darul ‘ulum (Unisda) Lamongan terpanggil untuk berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 yang sedang mewabah di masyarakat. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang ada di lingkungan Unisda Lamongan merumuskan kegiatan KKN Tematik Covid-19 untuk percepatan penanggulangan Covid-19. Kegiatan KKN Tematik Covid-19 merupakan kegiatan yang terjadwal secara akademik di Unisda Lamongan. Oleh karena itu, percepatan penanggulangan Covid-19 sangat srategis jika dilakukan melalui kegiatan KKN ini.

            Di Indonesia, sejak dua kasus pertama Covid-19 yang diumumkan pada 2 Maret 2020, jumlah kasusnya terus meningkat tersebar di 34 provinsi. Per 30 Juni 2020 pukul 11:15 WIB terkonfirmasi terdapat 55.092 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 2.805 orang dan pasien sembuh sebanyak 23.800 orang. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 persebaran Covid-19 di wilayah Jawa Timur menjadi peringkat pertama pasien terbanyak terkena virus Corona. Sedangkan provinsi terbanyak kedua terkena virus Corona yaitu DKI Jakarta dan kemudian diikuti Sulawesi Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

          Menurut Hj. Ainul Masruroh selaku rektor Unisda Lamongan menegaskan bahwa percepatan penganan Covid-19 harus dilakukan secara menyeluruh dan melibatkan semua pihak termasuk perguruan tinggi. Peran perguruan tinggi bisa dijadikan sebagai ujung tombak dalam peranannya untuk mensosialisasikan penanganan Covid-19 kepada masyarakat. Perguruan tinggi harus menjadi jembatan penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan kebutuhan masyarakat. Di samping harus membina, mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tersebut perguruan tinggi seharusnya juga dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat, sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, pemanfaatan perguruan tinggi oleh masyarakat sudah sewajarnya dan seharusnya sudah dibina dan dilakukan pada waktu mahasiswa masih dalam proses belajar di perguruan tinggi. Dengan demikian para calon sarjana tersebut akan memperoleh pengalaman yang lengkap baik yang diperoleh dari bangku kuliah, laboratorium, buku maupun yang diperoleh dari pengalaman langsung dalam masyarakat dimana mereka hidup nanti.                 Sebagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, melalui KKN mahasiswa dituntut untuk mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah dipelajarinya selama ini untuk memecahkan masalah nyata yang dihadapi oleh masyarakat lokasi KKN dan memberikan solusi alternative sebagai penyelesaiannya secara ilmiah dan praktis. Dengan kata lain, melalui KKN mahasiswa membantu pembangunan masyarakat melalui berbagai kegiatan pendidikan, penelitian dan aplikasi pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, imbuh rektor Unisda Lamongan.

           Dalam sambutan Bupati Bojonegoro yang diwakili oleh asisten bupati bidang perekonomian, insinyur Nyoman, menegaskan bahwa sangat berterima kasih kepada pihak rektorat Unisda yang telah memberikan kepercayaan kepada pemerintahan kabupaten Bojonegoro dengan  mendelegasikan atau menempatkan mahasiswa unisda untuk bisa mengabdi pada masyarakat secara langsung di daerahnya masing-masing. Pak Nyoman juga menambahkan bahwa mahasiswa ini menjadi garda terdepan di tengah masyarakat dalam pencegahan covid-19 karena di beberapa desa cenderung meremehkan atau mengabaikan terkait penyebaran virus covid-19. 

            Melalui serangkaian kegiatan terstruktur mahasiswa unisda yang gak enak di Bojonegoro cukup memberikan warna tersendiri, salah satu contoh adalah pendampingan dan pembelajaran anak disleksia atau yang berkebutuhan khusus. sepakan mau menginisiasi melakukan pendampingan dan kunciran anak disleksia dengan harapan dan tujuan bahwa mereka juga sama seperti kita yang mempunyai hak yang sama sehingga keberadaannya juga tidak boleh dikesampingkan. Tambah pak Nyoman. Diakhir sambutannya bapak nyaman juga berterima kasih kepada unisda karena telah membantu mensosialisasikan pencegahan covid 19 serta membantu dalam bidang emberdayaan dan peningkatan perekonomian di masyarakat. Artinya bahwa di tengah wabah covid-19 masyarakat harus tetap berusaha melakukan kegiatan kegiatan ekonomi untuk menopang semua kebutuhan hidup, peran pendidikan dan juga jaminan hari tua. Pada prinsipnya jangan sampai dengan adanya wabah justru menjadi memperburuk keadaan masyarakat khususnya di kabupaten Bojonegoro.

           Maka diakhiri foto bersama dengan jajaran rektorat dan pemda kabupaten Bojonegoro, penutupan KKN tematik covid-19 serta peserta, KKN Unisda 2020 dinyatakan telah purna, dengan harapan kerjasama ini akan bisa berlangsung yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. (Tim Humas KKN 2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *